Friday 15 June 2012

Etika Bisnis

Etika Bisnis kalau kita lihat secara sederhana dalam pikiran kita mungkin adalah sebuah aturan atau cara-cara dalam menjalankan bisnis. Oleh dari itu kita harus memahami terlebih dahulu sebelum kita memutuskan untuk memulai  suatu bisnis.

Tak sedikit orang dalam menjalankan bisnisnya belum memahami apa itu etika bisnis, padahal etika bisnis tidak hanya terkung-kung dalam sebuah wadah hukum yang berlaku kadang juga cara-cara berbisnis yang sudah berlaku dimasyarakat umum tapi tidak tertera dalam peraturan hukum saja, kenapa kita harus mempelajarinya karena kita akan berinteraksi dengan orang lain yang mungkin juga melakukan aturan-aturan atau etika secara umum.
Mungkin bagi para pemula dalam bisnis juga harus memperhatikan norma-norma etika bisnis menurut saya:
  • ·         Mengambil keputusan harus bersikap adil dan tidak merugikan orang lain.
  • ·    Setiap orang harus menghargai dan menghormati orang lain dan tidak mengusik hak-hak orang yang bukan hak kita.
  • ·       Tak luput pula harus memberikan pelayanan yang baik baik pada individu maupun kelompok.
Terkadang semua itu kita anggap remeh atau mudah, tapi dalam prakteknya banyak yang kita lalaikan makan konsumen atau orang yang berinteraksi dengan kita kurang nyaman melakukan bisnis dengan kita.
Oleh karena kita harus berhati-hati dalam berinteraksi dengan seseorang dengan keramahan dan santun maka konsumen atau patner bisnis puas dan senang dalam menjalin kerjamasa atau berinteraksi dengan kita.

1 comments:

Muh. Janualdi said...

Sukses gan..
follback ya www.janualdi.blogspot.com

 
Powered by Very Andi